Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Wednesday 9 November 2011

Paksakan!

Pagi ini, 9 November 2011, 08.34.
Saya membaca tweet dari @JamilAzzaini, isinya tentang bagaimana meluruskan niat untuk bisa posting tulisan di blog setiap hari. Kuncinya hanya satu. Kata beliau: Paksakan!

Saya sedikit tertampar membaca potongan tweeter tersebut, mengingat blog saya yang terbengkalai. Update tulisannya seperti puasa senin kamis. Seninnya tahun ini, kamisnya tahun depan. Alhasil blog saya stuck di tulisan yang saya sendiri lupa kapan terakhir mem-publishnya.

Meminjam istilah Jaman Balai Pustaka, dalam pada itu, saya akan memaksa diri saya hari ini untuk menulis blog kembali. Memanfaatkan Notepad di smartphone ditambah jaringan koneksi unlimited harusnya saya memang lebih produktif dalam hal menulis. Fitri Rakhmawaty a.k.a Fitri Tropika a.k.a @fitrop saja bisa nulis buku hanya dari Notepad, masa saya ga bisa update blog? Hehehe

Kembali ke permasalahan awal, jika tidak ada ide, paksakan sampai ada! Kalau istilahnya HMI sih Yakin Usaha Sampai, Usahakan Sampai Yakin.

Nah, ternyata menulis di blog itu tidak hanya dibutuhkan sekedar gadget, koneksi, dan something like 'paksakan!'. Ternyata tidak sesederhana itu.

Hambatan-hambatan yang saya alami dalam meng-update blog justru adalah bahwa terkadang ide yang sudah ada sulit sekali diterjemahkan ke dalam kata-kata. Kalaupun ide itu berhasil diterjemahkan menjadi tulisan, seringnya tidak selesai. Dan terkubur menjadi relik-relik di celah-celah laci hard disk menjadi entah apa.

Dan hari ini saya akan memaksa diri saya memungut relik-relik tersebut, kemudian saya rangkai, mudah-mudahan bisa menjadi sesuatu. Ah, mudah-mudahan.

Tulisan ini adalah awal, awal dari sikap paksa saya untuk kembali menulis. Banyak penulis yang rajin menyemangati pembacanya untuk berlatih menulis, untuk rajin menulis, untuk membudayakan menulis. Mereka bilang dari kebiasaan tersebut akan lahir rutinitas yang pada akhirnya membuat menulis bukan lagi sekedar hobi tapi kebutuhan. Sekali lagi, mudah-mudahan.

Akhir kata, mari menulis teman!
Meminjam istilah SCORE (Standing Committee on Research Exchange), Scripta Manen Verba Volent. Tulisan abadi, kata-kata musnah.

No comments:

Post a Comment