Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Tuesday 21 September 2010

Belajar pun Harus Wangi ? :)

Sejak menggunakan pewangi tubuh, aku terbiasa menyimpan satu botolnya dengan menyisakan sedikit cairannya di dalam. Untuk apa? Untuk ku hirup kembali sewaktu-waktu.

Aku tidak pernah bertahan berlama-lama dengan satu pewangi. Biasanya aku menggunakan 4-5 aroma secara bergantian.

Aku mulai menyimpan sisa-sisa pewangi ini sejak aku merasa teringat kembali pada kejadian-kejadian lalu setelah aku mencium aroma pewangi yang telah lama tidak ku gunakan.

Ya. Aku menyukai kenangan. Aku suka mengenang. Hingga akhirnya aroma parfum ku gunakan sebagai media untukku kembali ke masa yang ku rindukan.

Beberapa waktu terakhir ini ada perbincangan menarik tentang indera penciuman. Ternyata indera pembau itu adalah indera manusia yang paling primitif. Paling mendasar. Alat penciuman kita terhubung langsung ke alam bawah sadar. Tidak heran, ketika mencium suatu aroma kita akan merasa terlempar ke peristiwa di mana aroma tersebut menjadi sangat khas.

Ah, ternyata ada penjelasan ilmiah terhadap apa yang sering ku lakukan. Mencium aroma tertentu untuk membantuku mengenang sesuatu.

Dan sepertinya metode ini bisa dijadikan modifikasi cara belajar. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada dua kelompok mahasiswa, penggunaan indera pembau dalam belajar memberikan efek yg signifikan terhadap sesuatu materi yg bersifat memori, bukan analisis.

Dua kelompok siswa tersebut di pisahkan. Satu kelompok siswa belajar setiap hari dengan menggunakan pewangi sedangkan kelompok yang lain tidak. Pada saat ujian tiba, pewangi yg sama digunakan kembali. Hasilnya pada ujian yg bersifat memorial (ingatan), kelompok yang diberi pewangi ketika belajar menunjukkan hasil yang lebih baik dari pada kelompok yang tidak diberi pewangi.

Ahaa... Sepertinya metode ini layak dicoba. Mulai malam ini belajar sambil nyium-nyium botol parfum. Nanti kalo ujian tiba, semprotin parfumnya banyak-banyak. Biar memorinya kinclong. Hahahahahaha

By the way, aroma yang sedang ku hirup saat ini mengingatkanku pada.... :)

No comments:

Post a Comment