Subscribe

RSS Feed (xml)

Powered By

Skin Design:
Free Blogger Skins

Powered by Blogger

Sunday 5 July 2009

Dehidrasi Akibat Diare dan Muntah

Berhubung semester depan dimulai dengan Blok GastroIntestinalSistem, hari ini (entah kenapa) saya mulai membaca perihal pencernaan di Fisiologi Sherwood.
Banyak hal-hal mendasar yang dijelaskan dengan sangat baik di buku ini. Salah satunya (yang baru saja saya baca) adalah tentang bagaimana terjadinya proses dehiderasi ketika anda diare ataupun muntah.

Makanan yang masuk kedalam sistem pencernaan manusia memerlukan proses panjang yang dapat dibagi menjadi empat bagian utama, yaitu motilitas (gerakan mendorong dan mencampur makanan), sekresi, pencernaan, dan penyerapan.

Singkat cerita, makanan yang telah masuk kedalam sistem pencernaan akan mengalami proses motilitas -didorong dan di campur-. Proses ini tidak sama kecepatannya untuk setiap regio. misalnya untuk regio esofagus terjadi motilitas yang lebih singkat daripada di regio usus. Karena esofagus hanyalah tempat melintas makanan dari mulut ke lambung, sedangkan di usu terjadi penyerapan yang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Pada proses sekresi, lumen organ pencernaan akan mengeluarkan berbagai enzim, elektrolit, air, garam empedu, mukus, dan lain sebagainya. Produk sekretorik ini diekstraksi oleh sel-sel sekretorik dari plasma darah.

Memasuki proses pencernaan, makanan yang telah bercampur dengan enzim, elektrolit, air, dan produk sekretorik lainnya akan diuraikan menjadi bentuk yang dapat diserap oleh sel-sel penyerapan seperti fili-fili usus.

Pada proses penyerapan, produk-produk sekretorik yang diekstraksi dari plasma tadi akan ikut diabsorbsi (serap) kembali bersama zat makanan yang telah terurai sehingga terjadi keseimbangan elektrolit dan cairan dalam tubuh. Namun, jika terjadi diare atau muntah, keseimbangan ini dapat terganggu, dimana produk sekretorik (yang berasal dari plasma) akan ikut keluar dari tubuh ketika diare dan muntah tanpa sempat di serap kembali. Hal inilah yang dapat menyebabkan anda dehiderasi.

Oke, saya akan melanjutkan bacaan saya...
Mudah-mudahan banyak hal bermanfaat yang dapat saya share lagi di blog ini.

No comments:

Post a Comment